Sunday, October 14, 2012

Mempersiapkan Kelahiran (2)

Selain mempersiapkan barang-barang yang nanti akan dipergunakan setelah kelahiran, hal lain yang juga dapat dipersiapkan jauh-jauh hari menjelang kelahiran adalah sebagai berikut :

  1. Senam hamil. Bukan suatu hal yang mutlak untuk diikuti, tetapi apabila anda memiliki akses dan waktu luang yang cukup, tidak ada salahnya anda mencoba mengikuti sebuah kelas senam hamil. Dokter kandungan saya menyarankan untuk mengikuti senam hamil ketika kehamilan  berumur 32-34 minggu.
  2. Apabila anda seorang calon ibu yang bekerja, carilah informasi mengenai cuti kelahiran yang bisa didapat di tempat anda bekerja. Persalinan dapat berlangsung mulai minggu ke 38-42 ( dua minggu sebelum hingga dua minggu sesudah tanggal perkiraan lahir. Sebaiknya cuti sudah mulai diajukan 2 minggu sebelum HPL ( Hari Perkiraan Lahir). Apabila anda berencana melahirkan di kampung halaman yang jaraknya cukup jauh, juga harus menjadi perhitungan tersendiri. Diskusikanlah dengan dokter anda mengenai perjalanan ini.
  3. Tentukan tempat dimana anda akan bersalin dan siapa yang akan menolong persalinan anda. Terlebih bagi anda yang berencana melahirkan di kampung halaman. Lakukan survei terlebih dahulu mengenai tempat dimana anda berencana melahirkan. Jangan lupa untuk membawa data lengkap ( data USG, hasil cek darah dll) dari dokter sebelumnya yang menangani anda agar dokter yang baru mempunyai gambaran mengenai sejarah kehamilan anda (saya berganti dokter dari Dokter Wiku menjadi Dokter Isfihany hehe).
  4. Persiapan sumber keuangan. Bagaimanapun, sebuah persalinan akan memerlukan biaya, baik itu normal hingga keharusan dilakukan operasi.Survei tempat bersalin juga termasuk perkiraan biaya, agar anda bisa menyiapkan dana sejak awal.
  5. Lengkapi wawasan anda dan suami mengenai kelahiran dan cara merawat bayi baru lahir. Konsultasikan juga dengan dokter/ bidan kemungkinan untuk dilakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) segera setelah proses kelahiran.
semoga persalinan anda lancar, semua sehat selamat :)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More