Friday, October 12, 2012

Mempersiapkan Kelahiran

Bagi para calon ibu khususnya, perlu persiapan menjelang waktu kelahiran. Tapi jangan keliru, para calon ayah pun harus mempersiapkan diri untuk selalu siaga, siap antar jaga hehe. Persalinan secara normal ataupun melalui operasi, menggunakan jasa bidan atau dokter, di rumah atau di Rumah Sakit, semuanya adalah pilihan yang harus diputuskan berdasarkan apa yang terbaik bagi sang ibu dan bayi itu sendiri.
Berdasar pengalaman saya berikut beberapa daftar barang-barang yang yang sudah harus dipersiapkan menjelang persalinan.
  1. Popok dan kain bedong. Pilih yang berbahan dingin agar bayi tidak kegerahan. Membedong bayi sebenarnya sudah tidak disarankan secara medis, karena justru dapat menghambat perkembangan bayi, namun adakalannya, selama tidak terlalu kencang, bayi dibedong agar dia merasa hangat dan nyaman.
  2. Baju dan celana bayi ( termasuk sarung tangan dan kaki)
  3. Peralatan mandi bayi. Mulai dari handuk, waslap, sabun, shampo, baby oil, minyak telon, tersedia dengan berbagai pilihan.
  4. Kapas dan tisu, untuk keperluan menyeka.
  5. Kain panjang dan atau sarung
  6. Baju berkancing depan agar mudah untuk menyusui
  7. Pembalut khusus nifas
Tambahan penting :
penggunaan gurita untuk bayi juga sudah tidak dianjurkan (yang saya beli juga tidak terpakai) dan hindari penggunaan pewangi atau softener sewaktu mencuci pakaian BAYI BARU LAHIR karena dikhawatirkan terjadi iritasi pada kulit bayi (kulit Kiara sempat kemerahan, waktu itu kata perawatnya kemungkinan dari pewangi/softenernya. Jadi semua dicuci ulang hehe, maksud hati biar wangi dan lembut, ternyata...)

Semua dimasukkan ke dalam satu tas sehingga apabila waktunya tiba, semua sudah siap.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More