Friday, October 12, 2012

Menyambut Sang Buah Hati

Sebagai pasangan yang baru menikah, selanjutnya tentulah kita berharap untuk dikaruniai keturunan. Dengan hadirnya anak ditengah-tengah keluarga akan menambah kehangatan dan semarak isi rumah. Tentunya calon ayah dan calon ibu harus sudah mempersiapkan diri sejak awal utuk menyambut sang buah hati, dari mulai proses persalinan hingga perawatan sampai anak besar nanti.

Beruntung apabila kita berdekatan dengan orang tua atau keluarga sehingga kita bisa mendapat bantuan dalam mengurus sang buah hati, meskipun begitu tetap merupakan tanggung jawab ibu dan ayah yang utama dalam mengurus si kecil. Tidak sedikit orang tua yang merasa kewalahan begitu si kecil hadir, karenanya sebagai orang tua kita harus membekali diri kita dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup untuk mengurus sang buah hati sehingga secara fisik dan mental kita akan merasa siap.

Para orang tua baru tidak usah berkecil hati, dengan kemajuan teknologi saat ini, informasi mengenai perawatan bayi baru lahir sudah banyak tersedia. Juga jangan sungkan untuk sering bertanya pada orang tua atau kerabat yang sudah lebih berpengalaman. Lebih bagus lagi apabila anda dapat berkonsultasi langsung dengan tenaga medis semisal dokter atau bidan. Pilih dan pilah saran yang didapat dari sekeliling anda, bagaimanapun anda yang memiliki hak untuk memilih cara yang terbaik dalam membesarkan sang buah hati kelak.

Memiliki anak adalah sebuah tanggung jawab yang besar, karena itu, menurut saya adalah sebuah kesalahan besar apabila kita memperlakukannya secara semena-mena dan asal-asalan. Anak adalah ujian sekaligus investasi bagi para orang tuanya kelak. Bagi para orang tua yang beruntung dikaruniai keturunan, maksimalkanlah usaha kita dalam menjaganya. Dengan bekal ilmu dan pengetahuan yang cukup pun belum tentu kita bisa menghadapinya dengan baik, apalagi bila tidak.

Nah, akhirnya marilah kita mempersiapkan diri kita menjadi orang tua, untuk terus menggali ilmu dan mampu bersabar dalam menerapkannya :) Memang tidak mudah,tapi setidaknya kita harus terus berusaha, karena mereka adalah amanah.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More